Pages - Menu

Senin, 16 Juli 2012

Laporan kunjungan BEJ dan NICT Jakarta

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN DARI KAMPUS UIN SYARIF HIDAYATULLAH DAN NICT

Pada tanggal 14 juni 2012, mahasiswa Ekonomi Islam mengadakan kunjungan ke kampus UIN SYARIF HIDAYATULLAH dan ke NICT Ciputat, Jakata.
kami rombongan berangkat dari kota metro menuju jakarta sekitar pukul 15.30 WIB dan berkumpul di kampus STAIN JURAI SIWO METRO LAMPUNG dengan menggunakan mobil pariwisata penantian utama. Dari jumlah 48 orang mahasiswa dan 2 orang dosen yang mendampingi ,Bapak Agus Hamdani, S.Ag.MH selaku dosen IT FOR BUSINESS dan Bapak Sainul SH.MA selaku kaprodi jurusan Hukum Ekonomi Syariah turut serta mendampingi.
Di dalam kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui langsung apa dan bagaimana bursa efek itu sendiri. Dari hasil yang didapat Bursa Efek Jakarta (BEJ) atau Jakarta Stock Exchange (JSX) adalah sebuah bursa saham di Jakarta , Indonesia.
Bursa Efek Jakarta merupakan salah satu bursa tempat dimana orang memperjualbelikan efek di Indonesia. Pada 1 Desember 2007 Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya melakukan pengabungan usaha yang secara efektif mulai beroperasi pada 1 Desember 2007 dengan nama baru Bursa Efek Indonesia.
Ada juga , Pasar modal adalah pasar tempat diperjualbelikan dana-dana berupa surat-surat berharga berjangka panjang (lebih dari satu tahun), misalnya saham, obligasi, bukti-bukti keuntungan, surat-surat jaminan, surat bukti penyertaan modal, dan surat berharga lainnya yang berjangka lebih dari satu tahun. Pengaktifan pasar modal lebih lama dibandingkan dengan pasar uang karena untuk menghimpun dana jangka panjang jauh lebih sulit dibanding dengan menghimpun dana jangka pendek.
Setelah dijelaskan tentang bursa efek di Lab.Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Syarif Hidatullah Jakarta maka diadakannya tanya jawab dengan beberapa mahasiswa. Setelah selesai Bapak Agus Hamdani, S.Ag.MH memberikan cendramata khas dari Lampung.
Setelah selesai acara kami mengadakan foto bersama dan mengunjungi National Information and Communication Technology (NICT). Disana kami banyak mendapatkan hal-hal yang bermanfaat dan tentunya menanbah wawasan kami semua. Setelah kunjungan itu selesai kami langsung pergi menuju penginapan dibandung dan pada pukul 10.00 WIB kami siap-siap berangkat mengunjungi tempat pariwisata yaitu Goa Jepang dan Goa Belanda. Selanjutnya kami kembali ke lampung....^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar